Gudeg Putih. Gudeg is a traditional Javanese cuisine from Yogyakarta and Central Java, Indonesia. Gudeg is made from young unripe jack fruit (Javanese: gori, Indonesian: nangka muda) stewed for several hours with palm sugar, and coconut milk. Additional spices include garlic, shallot, candlenut, coriander seed, galangal, bay leaves, and teak leaves, the latter giving a reddish-brown color to the dish.

Gudeg Putih Ada begitu banyak restoran yang menjual menu gudeg di Jakarta Pusat. Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jika Pembaca Sekalian yang hendak memasak Gudeg Putih, Berikut ini adalah Panduan Sederhana Masak Gudeg Putih dengan 13 bahan yang gampang dan 3 langkah simpel.

Cara membuat Gudeg Putih ini kita rangkai sedemikan rupa sehingga cukup gampang untuk dibuat. Kalaupun Anda Sekalian belum mengerti cara membuat resep masakan ini.

Bahan Masakan dari Gudeg Putih

  1. Kalian perlu menyiapkan 1 buah dari nangka muda, kecil.
  2. Kamu memerlukan 100 ml dari santan instan.
  3. Anda Sekalian memerlukan 1 batang dari serai.
  4. Kamu Sekalian perlu menyiapkan 3 lembar dari daun salam.
  5. Anda Sekalian perlu menyiapkan 1 jari dari lengkuas, geprek.
  6. Anda Sekalian membutuhkan secukupnya dari Air.
  7. Anda perlu menyiapkan dari Bumbu halus:.
  8. Kamu perlu menyiapkan 7 siung dari bawang merah.
  9. Kamu Sekalian membutuhkan 5 siung dari bawang putih.
  10. Kalian perlu menyiapkan 1 sdm dari ketumbar bubuk.
  11. Anda membutuhkan 3 butir dari kemiri.
  12. Kamu Sekalian membutuhkan 2 sdm dari gula jawa sisir.
  13. Anda Sekalian perlu menyiapkan sesuai selera dari Garam dan kaldu bubuk.

Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek. Rasanya yang manis dan legit menjadi ciri khas hidangan yang satu ini. Lihat juga resep Gudeg Telur Pindang, Gudeg enak lainnya. ukadimah Sahabat Merah Putih adalah posko relawan yang hadir di tengah-tengah masyarakat kurban merapi kecamatan selo. Berawal dari keprihatinan atas penanganan bencana merapi, dimana masyarakat korban yang berada di Yogyakarta, magelang dan kleten mendapat perhatian luar biasa, baik dari segi bantuan maupun pemberitaan, namun masyarakat korban merapi yang di sisi utara merapi yaitu kecamatan.

Gudeg Putih Begini cara memasaknya

  1. Kupas nangka muda, potong2 lalu cuci. Didihkan air lalu masak nangka muda sampai empuk. Angkat dan tiriskan. Kemudian tumbuk degan bantuan ulekan..
  2. Tumis bumbu halus daun salam, sereh dan lengkuas sampai harum lalu tambahkan air secukupnya, tambahkan garam dan gula, tunggu sampai mendidih lalu masukan nangka yang sudah ditumbuk. Kemudian masukkan santan, aduk rata, tunggu sampai mendidih sambil diaduk² supaya santan tidak pecah. Koreksi rasa. Jika santan sudah matang dan bumbu meresap. Matikan kompor..
  3. Pindahkan ketempat saji. Kemudian sajikan. Dipasangkan dengan sambal goreng, cucok banget moms,, endeess…😋👍.

Tampilannya menggugah selera dengan isian nasi, gudeg, tahu putih, dan krecek lengkap dengan cabai rawit. Gudeg lalu diguyur kuah opor bersantan yang gurih. Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer. Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih. Ada sebuah cerita yang beredar di masyarakat yang mengisukan bahwa warna coklat pada gudeg dihasilkan dari darah ayam yang ditambahkan pada masakan.