Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati. Trik membuat gudeg jogja tanpa pewarna daun jati. Cara membuat gudeg nangka telur khas yogya. Gudeg Jogja Sederhana Tanpa Daun Jati.

Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati Resep Gudeg Nangka Merah Tanpa Daun Jati. Cara membuat gudeg nangka telur khas yogya. Jika di rumah tidak tersedia daun jati, maka bisa menambahkan kecap manis kedalam masakan gudeg agar gudeg yang dimasak tanpa daun jati dapat bewarna. Bagi Pembaca Sekalian yang hendak masak Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati, Berikut ini adalah Panduan Mudah Memasak Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati memakai 19 bahan yang gampang dan 7 tutorial mudah.

Tutorial membuat Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati ini di padukan sedemikan rupa sehingga sangat mudah untuk dipraktekkan. Walaupun Kalian belum mengerti cara membuat resep masakan tersebut.

Bahan Masakan dari Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati

  1. Kamu Sekalian membutuhkan 1 kg dari Nangka Muda.
  2. Kamu Sekalian membutuhkan dari daun pisang utk alas panci (bisa diskip/ diganti dg daun salam).
  3. Kamu membutuhkan 1 dari Teh celup (boleh diskip).
  4. Anda Sekalian membutuhkan dari Telur rebus.
  5. Kamu membutuhkan dari BUMBU HALUS:.
  6. Kalian memerlukan 13 siung dari bawang merah.
  7. Pembaca Sekalian memerlukan 6 siung dari bawang putih.
  8. Kalian membutuhkan 10 dari kemiri.
  9. Kamu Sekalian memerlukan 1 sdm dari ketumbar bubuk.
  10. Kamu perlu menyiapkan dari BUMBU UTK DICEMPLUNG:.
  11. Anda Sekalian memerlukan 10 lembar dari daun salam.
  12. Anda Sekalian memerlukan 2 ruas dari lengkuas digeprek.
  13. Kalian membutuhkan 2 batang dari serai digeprek.
  14. Anda membutuhkan 3 lembar dari daun jeruk.
  15. Pembaca Sekalian memerlukan 2 keping dari gula merah (sesuai selera boleh ditambah).
  16. Kamu Sekalian perlu menyiapkan 1 butir dari kelapa,ambil santannya (bisa diganti dg santan instan).
  17. Pembaca Sekalian perlu menyiapkan Sejumput dari Gula.
  18. Kamu Sekalian memerlukan Sejumput dari Garam.
  19. Kalian perlu menyiapkan Sejumput dari Penyedap Rasa (boleh diskip).

Makanan khas jogja paling enak adalah gudeg, sate gajah, oseng-oseng mercon, sate klatak, bakmi jawa, mie lethek, dan ayam geprek. Kota Yogyakarta atau Jogja ibarat kota ajaib yang selalu meninggalkan coretan rindu di setiap. Menikmati gudeg di kota Jogja juga harus menjadi list ketika ke Jogja. Memiliki beberapa macam mulai dari gudeng basah hingga gudeng Belalang Goreng ini merupakan camilan khas Gunung Kidul yang kini juga naik daun.

Gudeg Khas Yogya Tanpa Daun Jati Cara masaknya sebagai berikut

  1. Siapkan bahan2. Rebus nangka sebentar saja dg teh celup agar warna gudeg coklat gelap dan utk menghilangkan getahnya. Lalu haluskan bumbu..
  2. Berhubung daun jati susah dicari. Aku akhirnya pakai daun pisang asal rebusan gudeg tdk menempel langsung dgn panci kalau mau lebih sedap boleh dikasih alas daun salam yg banyak biar gudeg lebih wangi. Susun daun seperti difoto..
  3. Setelah itu diatasnya daun, disusun didalam panci bumbu cemplung, diatasnya lagi bumbu halus,gula, garam, penyedap rasa dan diatasnya lagi nangka..
  4. Lalu siram dengan air santan. Masak dengan api kecil, tutup rapat seperti diungkep sekitar 4-5 jam. Kalau aku rada males nunggu lama biasanya cuma sampe 3 jam hahaha. Tapi semakin lama hasilnya akan semakin enak dan harum..
  5. Kalau santan sudah berkurang kira2 setengahnya boleh ditambah telur rebus. Lanjut ungkep lagi dan koreksi rasa. Jika senang manis boleh ditambah kecap atau gula merah jika bumbu2 dirasa ada yg kurang boleh ditambah lagi garamnya..
  6. Lalu lanjut diungkep lagi. Kalau suka tekstur gudeg yg kering boleh diungkep sampe air santan asat dan bener2 kering. Kalau masih suka ada sedikit kuah boleh langsung matikan kompor saja. Sesuai selera yaa..
  7. Gudeg pun siap dinikmati. Kalau mau lebih lengkap boleh ditambah sambal krecek dan ayam. Yummyyy.

Jika anda tidak geli, anda bisa menjadikan. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini anda tidak perlu bingung, karena cabang penjual Belalang Goreng merupakan sebuah makanan khas Gunungkidul Jogja yang perlu Anda coba, sebagian orang merasa geli untuk mencoba makanan yang satu ini. Makanan khas Jogja gudeg ini merupakan nangka muda yang dimasak dengan santan, berwarna kecoklatan dan memiliki cita rasa manis gurih. Dinamakan Buntil karena dibungkus atua dibuntel dengan daun singkong dan dimasak lagi dengan santan. Pusat informasi dan pemesanan produk makanan khas yogyakarta.