Coto Makassar. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Coto Makassar Tidak salah kalau banyak yang mau mencoba belajar cara. Places Makassar RestaurantAsian RestaurantIndonesian Restaurant Coto Makassar. Coto Makassar termasuk salah satu kuliner legendaris khas Indonesia. Untuk Kamu Sekalian yang mau memasak Coto Makassar, Inilah Cara Mudah Memasak Coto Makassar menggunakan 17 bahan yang simpel dan 10 tutorial gampang.

Panduan membuat Coto Makassar ini di buat sedemikan rupa sehingga sangat mudah untuk dipahami. Kalaupun Kalian awam dalam memasak masakan tersebut.

Bahan Masakan dari Coto Makassar

  1. Anda perlu menyiapkan 500 gram dari daging sapi (potong dadu).
  2. Anda perlu menyiapkan 1 liter dari air beras.
  3. Pembaca Sekalian membutuhkan 350 gram dari kacang tanah (sudah saya goreng).
  4. Anda memerlukan 10 buah dari bawang merah.
  5. Anda Sekalian memerlukan 15 siung dari bawang putih.
  6. Anda Sekalian memerlukan 15 buah dari kemiri (sangrai).
  7. Pembaca Sekalian memerlukan 2 sdm dari Jintan.
  8. Kamu perlu menyiapkan 1 sdm dari merica.
  9. Kamu Sekalian perlu menyiapkan 1 sdm dari ketumbar.
  10. Anda Sekalian memerlukan secukupnya dari Garam.
  11. Kamu membutuhkan Sejumput dari gula pasir.
  12. Pembaca Sekalian memerlukan 2 batang dari daun sere.
  13. Kalian memerlukan 4 lembar dari daun salam.
  14. Kamu membutuhkan dari Jeruk nipis (pelengkap).
  15. Anda Sekalian membutuhkan dari Kecap manis (pelengkap).
  16. Anda Sekalian membutuhkan dari Bawang goreng (pelengkap).
  17. Anda Sekalian memerlukan dari Cane rawit (pelengkap).

Bumbunya memang banyak, tapi membuatnya tidak sulit. Simak resep Coto Makassar yang enak di bawah ini! Coto Makassar ini memiliki rasa yang begitu enak dan lezat, serta kuahnya gurih. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

Coto Makassar Berikut ini langkah-langkah nya

  1. Cuci bersih daging yang sudah di potong. Lalu taburi 2 buah perasan air jeruk nipis. Diamkan selama 15-20 menit..
  2. Cuci 2 gelas beras. Air Cucian pertama buang. Lanjut cuci beras lagi, airnya di sisihkan, ulangi tahap ini 3-4 kali..
  3. Rebus daging bersama air beras tadi. Jika sudah mendidih, pasti ada lemak-lemak naik ke atas permukaan air, buang lemak-lemak tersebut. Lebih baik lagi, kalian saring. Biar lebih bersih lagi dari lemak-lemak tadi. Ingat, jangan buang airnya, hanya lemaknya saja..
  4. Kecilkan api, biarkan daging tetap direbus..
  5. Blender kacang bersama kemiri dan satu gelas air putih. Blender hingga halus..
  6. Blender lagi bawang merah dan bawang putih, tambahkan sedikit air..
  7. Panaskan teflon, lalu masukan bumbu bawang tadi. Aduk hingga airnya kering, tandanya sudah tidak berbusa. Selanjutnya masukan minyak goreng, aduk terus. Step ini agak lama, karena bawangnya lama baru mateng. Kalian aduk terus hingga bawangnya menyusut, dan warna berubah menjadi kuning. Angkat lalu langsung tuang kedalam rebusan daging..
  8. Tuang kacang dan kemiri yang sudah diblender ke rebusan daging. Aduk terus, lalu masukan batang sere, daun salam, jintan, ketumbar, jahe, garam. Koreksi rasa..
  9. Besarkan api, lalu masak hingga mendidih. Step ini kisaran 10 menit..
  10. Angkat lalu sajikan bersama bumbu pelengkap..

Coto Makassar atau coto Mangkasara merupakan makanan tradisonal Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya makanan ini terbuat dari jeroan sapi seperti hati, babat, usus. Soto Asal Makassar yang disebut juga Coto ini, memiliki rasa yang khas! Rasa gurih dan kenikmatan daging, paru serta jeroannya akan membuatmu tak dapat melupakannya! Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus. "Ke Makassar tidak lengkap jika belum mencicipi Coto Makassar." Coto merupakan kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia.