Coto Ayam Makassar. Coto Makassar adalah salah satu masakan khas Sulawesi Selatan yang cukup dikenal di Indonesia. Soto ayam spesial kuah bening yang super lezat (cara membuatnya mudah banget). Jika biasanya coto makassar disajikan dengan daging sapi, kali ini hadir variasi resep coto makassar spesial daging ayam.

Coto Ayam Makassar Lihat juga resep Soto Makasar enak lainnya. Resep coto ayam khas makassar enak dan simpel, hampir mirip dengan coto makassar yg Menikmati coto Makassar sekarang masih agak susah, karena masih minimnya penjualnya. Soto Ayam – Soto ayam adalah salah satu masakan berkuah khas Indonesia yang cukup populer dan sangat diminati oleh masyarakat. Untuk Kamu Sekalian yang hendak membuat Coto Ayam Makassar, Inilah Cara Mudah dan Cepat Masak Coto Ayam Makassar dengan 19 bahan yang mudah dan 7 cara gampang.

Resep membuat Coto Ayam Makassar ini kami buat sedemikan rupa sehingga cukup mudah untuk dibuat. Kalau Anda belum paham cara membuat makanan ini.

Bahan Masakan dari Coto Ayam Makassar

  1. Kalian memerlukan 1 ekor dari ayam 1kg.
  2. Kamu Sekalian memerlukan 2 liter dari air cucian beras yg pertama.
  3. Kalian perlu menyiapkan 1 kaleng susu dari beruang.
  4. Pembaca Sekalian membutuhkan 2 batang dari serai.
  5. Kamu perlu menyiapkan 100 gr dari kacang tanah goreng.
  6. Kamu Sekalian membutuhkan secukupnya dari Garam.
  7. Kalian memerlukan secukupnya dari Kaldu bubuk.
  8. Kamu memerlukan dari Bahan rempah:.
  9. Kamu Sekalian perlu menyiapkan 15 buah dari cengkeh.
  10. Anda membutuhkan 1 sdm dari ketumbar biji.
  11. Anda perlu menyiapkan 1 sdm dari merica biji.
  12. Kamu membutuhkan 1/2 sdm dari jintan.
  13. Pembaca Sekalian memerlukan 2 ruas jari dari kayu manis.
  14. Pembaca Sekalian perlu menyiapkan 1 buah dari pala.
  15. Anda Sekalian perlu menyiapkan dari Bahan bumbu:.
  16. Kamu Sekalian perlu menyiapkan 100 gr dari lengkuas.
  17. Anda memerlukan 50 gr dari jahe.
  18. Pembaca Sekalian memerlukan 50 gr dari bawang merah.
  19. Kamu membutuhkan 50 gr dari bawang putih.

Lihat juga resep Coto Makassar enak lainnya. Makassar is one of Indonesia's most famous culinary destinations. This port city situated at the south of Sulawesi Island is represented in the most traditional dish of the area – coto Makassar. Mulai dari soto Kudus, Soto bandung, Soto Betawi, dll.

Coto Ayam Makassar Cara memasaknya adalah sebagai berikut

  1. Siapkan bahan-bahannya. Maafkan karena ga semua terfoto 😁.
  2. Goreng bahan rempah hingga harum dan agak kering lalu uleg hingga halus. Setelah itu uleg bahan bumbu bersama bahan rempah. Jika bahan rempah dan bumbunya ingin diuleg, saya sarankan lengkuas dan jahe nya diparut terlebih dahulu biar memudahkan diuleg. Kecuali ingin bahannya diblender hingga halus..
  3. Sambil menyiapkan bumbu, didihkan air cucian beras pertama yang telah disaring lalu masukkan daging ayam. Biasanya kalau menggunakan daging sapi, dagingnya direbus dalam ukuran besar. Setelah matang lalu daging diangkat dan ditiriskan. Setelah itulah baru kuah diberi bumbu. Tapi berhubung saya tidak ingin repot jadi daging ayamnya sudah sy potong-potong terlebih dahulu dan langsung sy masak sekaligus dengan bumbu 😁. Oya jangan lupa serai yang digeprek ditambahkan saat merebus dagingnya..
  4. Sambil menunggu kuah mendidih, tumis bahan bumbu rempah hingga wangi..
  5. Sambil menumis, uleg kacang tanah hingga halus. Lalu tambahkan ke tumisan bumbu rempah. Aduk hingga rata. Nah bumbu rempah yang telah ditambah kacang goreng inilah bumbu coto nya. Dan bumbu ini bisa disimpan di kulkas. Jadi gunakan secukupnya sesuai kebutuhan. Tapi yg jelas takaran bumbu ini untuk 1 ekor ayam 1kg ya hehe..
  6. Tambahkan bumbu coto ke dalam kuah rebusan daging. Tambahkan garam dan kaldu ayam secukupnya. Terakhir masukkan susu beruang..
  7. Jangan lupa memberi potongan daun bawang dan bawang goreng saat akan menyajikannya. Coto Makassar ini paling cocok disantap bersama ketupat 😍.

Makanan jenis ini sangat Cara Membuat Soto Ayam. Hampir setiap daerah mempunyai soto khas daerah tersebut. Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.